Pasang Iklan Disini

Keutamaaan Sabar

Sabar mendapatkan perhatian yang sangat besar dalam Al-Qur'an. Kata "sabar disebut di dalam AL-Qur'an lebih dari 90 kali. Hal ini tidak terjadi pada karakter yang lain. Kata ini disebutkan jauh lebih banyak daripada kata jujur (shidq) dan terpercaya (amanah). Tentulah penyebutan yang sangat banyak itu menyiratkan maksud yang mendalam. Betapa luar biasanya karakter ini!

Penekanan karakter ini menunjukkan betapa pentingnya sabar. Sabar bisa mengatasi segalanya. Sabra bisa membuat manusia tahan akan derita. Sabar juga bisa mengantarkan kita pada kesuksesan. Setiap proses membutuhkan kesabaran. Tidakakan ada pencapaian, prestasi, keberhasilan apabila tidak ada kesabaran.

Mengingat pentingnya karakter sabar ini, tak heran jika Allah SWT pun memberikan ganjaran pahal yang sangat besat untuk orang-orang yang sabar. Setiap ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT itu pahalanya sudah ditentukan dan dihitung, kecuali sabar. Puasa adalah salah satu sarana melatih kesabaran. Untuk ibadah puasa, Allah SWT berfirman, "Puasa itu untuk-KU, dan Aku-lah yang akan membalasnya."

Allah menisbatkan puasa kepada diri-Nya di antara ibadah-ibadah lainnya sehingga ibadah itu mendapatkan ganjaran khusus yang istimewa. ini pasti sesuatu yang sangat utama. Allah SWT pun berjanji kepada orang-orang yang bersabar bahwa Dia akan bersamamereka. Firman-Nya, "...Dan bersabarlah. Sungguh, Allah beserta orang-orang sabar." (QS Al-Anfal:46)

Allah SWT juga menjanjikan pertolongan bagi orang-orang yang sabar. Dalam situasi yang sulit dan tak tertahankan, Allah akan mendatangkan pertolongan kepada orang-orang yang bersabar dengan pertolongan yang luar biasa. Allah SWT berfirman,

"...Jika kamu bersabar dan bertakwa ketika mereka datang menyerang kamudengan tiba-tiba, niscaya Allah menolongmu dengan lima ribu malaikat yang memakai tanda."
(QS Ali Imran:125)

0 Response to "Keutamaaan Sabar"

Post a Comment