Pasang Iklan Disini

Makalah Aliran atau gaya dalam seni rupa

MAKALAH

“Aliran atau gaya dalam seni rupa”







Disusun Oleh :

1. Saifullah Al Maslul
2. Krisdayanti
3. M. Ihwayudi
4. M. Risal
5. Juhendri 
6. Siti Nur K.





SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 3 BUDONG BUDONG
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, nikmat, taufik, hidayah, serta inayah-NYA sehingga kami dapat menyelesaikan tugas makalah ini. Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca untuk mengetahui berbagai macam aliran atau gaya dalam seni rupa.

Harapan kami semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga kami dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.

Makalah ini kami akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang kami miliki sangat kurang. Oleh kerena itu kami harapkan kepada para pembaca untuk memberikan masukan-masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini.















Budong-budong, Nopember 2016

Tim Penyusun
DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR 2

DAFTAR ISI 3

BAB I. PENDAHULUAN 4
A. Latar Belakang 4
B. Tujuan 4
C. Rumusan Masalah 4

BAB II. PEMBAHASAN 5
A. Ekspresionisme 4
B. Fauvisme 4
C. Kubisme 4

BAB III. PENUTUP 6
Kesimpulan 4
Saran 4

DAFTAR PUSTAKA 8


BAB I 
PENDAHULUAN

A.   Latar Belakang
Seni sebagai suatu bentuk ekspresi seniman memiliki sifat-sifat kreatif, emosional, individual, abadi dan universal. Sesuai dengan salah satu sifat seni yakni kreatif, maka seni sebagai kegiatan manusia selalu melahirkan kreasi-kreasi baru, mengikuti nilai-nilai yang berkembang di masyarakat.
Seni juga merupakan hal yang menjadikan dunia terasa indah, tanpa seni tidak ada yang dapat dirasakan begitu indah. Tuhan menciptakan dunia dan seluruh kekayaan yang ada di dalamnya dengan seni dan penuh dengan keindahan. Hal ini dapat terlihat dari beragamnya warna yang ada dalam dunia ini, air bewarna bening, tanah bewarna coklat, pepohonan yang berwarna hijau, langit bewarna biru. Semua diciptakan penuh dengan seni, sampai kepada ciptaanNya yang paling megah dan penuh dengan seni, yaitu manusia.

B.   Tujuan
Dengan adanya makalah ini mudah mudahan pembaca dapat menambah wawasan tentang aliran atau gaya dalam seni rupa.

C.   Rumusan Masalah
       - Apa saja aliran yang ada dalam seni rupa?
       











BAB II
PEMBAHASAN

A. Ekspresionisme
Ekspressionisme adalah kecenderungan seorang seniman untuk mendistorsi kenyataan dengan efek-efek emosional. Istilah emosi lebih menuju kepada jenis emosi kemarahan dan depresi daripada emosi bahagia.
Definisi
Definisi dari Ekspresionisme ialah kebebasan distorsi bentuk dan warna untuk melahirkan emosi ataupun sensasi dari dalam yang biasanya dihubungkan dengan kekerasan atau tragedi. Obyek-obyek yang dilukiskan antara lain kengerian, kekerasan, kemiskinan, kesedihan dan keinginan lain dibalik tingkah laku manusia.
Ekspresionisme menjajagi jiwa dan menemukan ` Sturm und Drang’ dan pancarannya keluar merupakan media yang baik untuk melukiskan emosinya kepada orang lain. Salah satu tokoh Ekspresionisme di Indonesia adalah Affandi.

Sejarah Seni Lukis Ekspressionisme
Penganut paham ekspresionisme memiliki dalil bahwa “Art is an expression of human feeling” atau seni adalah suatu pengungkapan dari perasaan manusia. Aliran ini bertalian dengan apa yang dialami oleh seseorang seniman ketika menciptakan suatu karya seni. Perintis aliran ini Benedetto Croce (1866-1952) menyatakan bahwa seni adalah pengungkapan dari kesan-kesan ( art is expression of impresion ). Menurut Croce ekspresi sama dengan intuisi. Intuisi adalah pengetahuan intuitif yang diperoleh melalui pengkhayalan tentang hal-hal individual yang menghasilkan gambaran angan-angan (images) (The Liang Gie, 1976:75).

Ciri Ciri Aliran Lukisan Ekspressionisme :
a. Pengungkapannya berwujud berbagai gambaran angan-angan misalnya images warna, garis, dan kata.
b. Mengungkapkan bagi seseorang sama dengan menciptakan seni dalam dirinya tanpa perlu adanya kegiatan jasmaniah keluar.
c. Merupakan aliran yang melukiskan aktualitas yang sudah didistorsikan ke arah suasana kesedihan, kekerasan ataupun tekanan batin.

Ciri-ciri Arsitektur Ekspresionisme :

a. Memiliki kebebasan untuk berimajinasi
b. Memiliki kebebasan untuk menciptakan suatu seni dalam arsitektur
c. Gambarnya tidak bersifat kaku dan monoton
d. Tidak adanya batasan dalam mengungkapkan ekspresi
e. Bentuk ekspresinya biasa terdapat pada emosi kemarahan dan depresi serta bahagia.
Seorang tokoh lain dari aliran ini adalah Leo Tolstoy. Ia berpendapat: “Memunculkan dalam diri sendiri suatu perasaan yang seseorang telah mengalaminya dan setelah memunculkan itu kemudian dengan perantaraan pelbagai gerak, garis, warna, suara atau bentuk yang diungkapkan dalam kata-kata, memindahkan perasaan itu sehingga orang-orang lain mengalami perasaan yang sama, ini adalah kegiatan seni.




Tokoh Ekspresionisme dan karyanya 

    1).Judul : Minum Tuak (1987)

 
Lukisan karya Affandi ini salah satu lukisan langka dan unik yang menceritakan tentang orang-orang yang sedang minum-minuman tuak atau arak. Suasana tempo dulu yang sederhana terlihat dalam lukisan ini. Karya seni Affandi memiliki keunikan tersendiri dari segi warna yang natural yang indah begitu menyatu dengan tema.




2)Judul : The Potato Eaters (1885)

  Karya maestro Vincent ini menggambarkan lima orang yang sederhana yang sedang duduk santai dan makan kentang. Vincent terkenal dengan kedekatannya dngan kaum marjinal sehingga membuatnya menciptakan karya seni yang luar biasa. Awalnya lukisan ini kurang mendapatkan apresiasi namun sekarang dianggap karya seni yang luar biasa karya Vincent Van Gogh. 



3). Judul : The Scream

 Ini merupakan karya Edward Munich yang paling mahal dengan harga Rp 1,1 triliun. Lukisan ini dilelang pada tahun 2012. Seniman asal Norwegia ini membuat lukisan The sceam menjadi 4 versi, yang terletak di New York dan ke tiga lainnya berada di Norwegia. Menurutnya lukisan ini dibuat dengan penuh inspirasi. Ia mengungkapkan saat dia berjalan bersama dengan kedua temannya di saat matahari terbenam, kemudian langit memerah seperti darah. Ia berhenti dan menyandarkan tubuh ke pagar, kemudian kedua temannya meninggalkan dan Ia merasa ketakutan.




B. Fauvisme 
Fauvisme adalah suatu aliran dalam seni lukis yang berumur cukup pendek menjelang dimulainya era seni rupa modern. Nama fauvisme berasal dari kata sindiran "fauve" (binatang liar).

 Definisi
Fauvisme adalah aliran yang menghargai ekspresi dalam menangkap suasana yang hendak dilukis. Tidak seperti karya impresionisme, pelukis fauvis berpendapat bahwa harmoni warna yang tidak terpaut dengan kenyataan di alam justru akan lebih memperlihatkan hubungan pribadi seniman dengan alam tersebut.
Segala hal yang berhubungan dengan pengamatan secara objektif dan realistis, seperti yang terjadi dalam lukisan naturalis, digantikan oleh pemahaman secara emosional dan imajinatif. Sebagai hasilnya warna dan konsep ruang akan terasa bernuansa puitis. Warna-warna yang dipakai jelas tidak lagi disesuaikan dengan warna di lapangan, tetapi mengikuti keinginan pribadi pelukis.
Penggunaan garis dalam fauvisme disederhanakan sehingga pemirsa lukisan bisa mendeteksi keberadaan garis yang jelas dan kuat. Akibatnya bentuk benda mudah dikenali tanpa harus mempertimbangkan banyak detail.
Pelukis fauvis menyerukan pemberontakan terhadap kemapanan seni lukis yang telah lama terbantu oleh objektivitas ilmu pengetahuan seperti yang terjadi dalam aliran impresionisme, meskipun ilmu-ilmu dari pelukis terdahulu yang mereka tentang tetap dipakai sebagai dasar dalam melukis. Hal ini terutama terjadi pada masa awal populernya aliran ini pada periode 1904 hingga 1907.

 Perkembangan
Fauvisme merupakan aliran dan gaya seni yang berkembang di Peracis pada
Akhir abad ke-19. aliran seni rupa (lukis) ini merambah pula sampai kebeberapa tempat di eropa, dengan landasan kekaryaan berpegang pada konsep ekspresionisme yang telah dipelopori oleh van gogh

Ciri aliran Fauvisme

Warna-warna yang dipakai jelas tidak lagi disesuaikan dengan warna dilapanganPenggunaan garis dalam fauvisme disederhanakan sehingga pemirsa lukisan bisa mendeteksi keberadaan garis yang jelas dan kuat

 Tokoh Fauvisme & Karyanya.
Henri matisse “ "La musique "
 


C. Kubisme
Pada awal abad ke-20, Pablo Picasso dan Braque mengembangkan seni lukis yang berbasis kesederhanaan bentuk untuk menghasilkan sensasi tertentu. Jenis lukisan beraliran kubisme pun diciptakan oleh para pelukis itu. Mereka melakukan abstraksi terhadap objek ke dalam bentuk-bentuk geometri.
Istilah Kubisme berasal dari kata cubic, kubus, atau kotak. Aliran seni ini memandang kubus sebagai unsur dasar yang membentuk setiap benda di alam semesta. Aliran ini cenderung melakukan usaha abstraksi terhadap objek ke dalam bentuk-bentuk geometri untuk mendapatkan sensasi tertentu.

Aliran kubisme dilatar belakangi oleh konsep Paul Cezanne yang mengatakan bahwa bentuk dasar dari segala bentuk adalah silinder , bola, balok dan semua bentuk yang ada di dalam di pengaruhi oleh perspektif, sehingga bidang tertuju pada satu titik tengah. Karya Picasso menjadi inspirasi kemunculan karya- karya kubisme, karena motif geometris digunakan oleh Picasso.
Kubisme pada dasarnya adalah perubahan cara melukis, yang sebelumnya menggunakan pendekatan perseptual (pengindraan) ke gaya dengan pendekatan konseptual. Garis objek dibentuk dengan cara memotong, distorsi, overlap, penyederhanaan, transparansi, deformasi, menyusun dan aneka tampak.

Karya Kubisme tampil dengan bentuk geometris serta cara pemotongan citra dengan objek tanpa ekspresi menandakan lahirnya gaya visual modern.

1). Jenis jenis kubisme
  Kubisme Analitis: Upaya mengolah ruang datar secara analitis berdasarkan bentuk kotak dan garis geometris.
  Kubisme Sintesis (kolase): Gaya lukisan yang menempelkan beberapa bentuk dan benda sebagai sebuah kesatuan dalam susunan kotak dan geometris (misalnya benda-benda yang dipotong-ditempel serta diolah dengan cat dan kuas seperti guntingan koran, bungkus rokok, dan lain- lain). Pelukis aliran ini antara lain Paul Cezane, Pablo Picasso, George Braque, Metzinger, dan lain-lain. 

 














BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
  Lukisan adalah karya seni yang proses pembuatannya dilakukan dengan memulaskan berbagai warna, dengan kedalaman warna "pigmen" dalam pelarut (atau medium) dan gen pengikat (lem) untuk pengencer air, gen pegikat berupa minyak linen untuk cat minyak dengan pengencer terpenthin, pada permukaan (penyangga) seperti kertas, kanvas, atau dinding. Ini dilakukan oleh seorang pelukis; dengan kedalaman warna dan cita rasa pelukis, definisi ini digunakan terutama jika ia merupakan pencipta suatu karya lukisan.
Seni lukis adalah salah satu cabang dari seni rupa. Dengan dasar pengertian yang sama, seni lukis adalah sebuah pengembangan yang lebih utuh dari menggambar.
Melukis adalah kegiatan mengolah medium dua dimensi atau permukaan dari objek tiga dimensi untuk mendapat kesan tertentu. Medium lukisan bisa berbentuk apa saja, seperti kanvas, kertas, papan, dan bahkan film di dalam fotografi bisa dianggap sebagai media lukisan. Alat yang digunakan juga bisa bermacam-macam, dengan syarat bisa memberikan imaji tertentu kepada media yang digunakan.

B. SARAN
Adapun saran-saran dari penyusun adalah sebagai berikut:
1.      Marilah kita mempelajari seni agar menjadi sumber gagasan masyarakat untuk menghasilkan karya seni dan budaya yang lebih beragam.
2.      Marilah kita menjadikan seni kontemporer (seni yang berkembang seiring dengan kemajuan zaman) dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memajukan karya seni di Indonesia .








DAFTAR PUSTAKA
1.    Ensiklopedia bebas, Wikipedia. “Ekspresionisme”. Diakses 04 November 2016
2.    Ensiklopedia bebas, Wikipedia. “Fauvisme”. Diakses 04 November 2016
3.  Ensiklopedia bebas, Wikipedia. “Kubisme”. Diakses 04 November 2016


0 Response to "Makalah Aliran atau gaya dalam seni rupa"

Post a Comment